Selasa, 04 November 2014

Mengenali Kerusakan Dan Merawat Air Conditioner (AC)



Mengenali Kerusakan Dan Merawat Air Conditioner (AC)
SebagaiPemakai Air Conditioner (AC), sebaiknya kita sedikit banyak mengetahui Gejala-gejala kerusakan pada komponen Air Conditioner (AC)
1. Terbentuk Es Pada Pipa Tembaga di Outdoor
  • Ada dua kemungkinan. Es yang terbentuk pada pipa luar (ukuran lebih kecil) adalah karena kurangnya Freon dalam sistem AC. Sedangkan es yang terbentuk pada pipa suction (lebih besar) mungkin disebabkan oleh koil evaporator& kipas atau filter yang kotor, bisa juga karena blower unit dalam yang tidak berputar.
2. Perlukah Merawat Unit Kondensor Luar ? Seberapa Sering ?
  • Kondensor luar harus dibersihkan setidaknya sekali dalam setahun untuk memastian sirkulasi udara tidak lambat. Hal ini dapat mempengaruhi efisiensi pendinginan, memperpendek umur kompresor bahkan meningkatkan biaya listrik. Namun terkadang hal ini tergantung pada kondisi lingkungan, disini diperlukan teknisi ahli untuk penanganannya.
3. Apa Keuntungan Air Purifying Filter ( Saringan Pembersih Udara ) Dan Seberapa Sering Harus Diganti ?
  • Filter dapat menyerap bau asap rokok, bau badan, kotoran dan partikel – partikel berbahaya di uadara. Air filter/ Filter Pembersih sbaiknya diganti setiap tiga bulan sekali. Atau saat warna Filter Pembersih sudah berbeda dari aslinya (putih). Contoh warna tertera pada mesin. Hal ini hanya berlaku pada alat yang memiliki Filter Pembersih.
4. Air Keluar Dari AC
  • penyebabnya bisa bermacam – macam misalnya, saluran pembuangan mungkin tersumbat karena kotoran yang menumpuk di pipa pembuangan, AC-nya kotor, zat pendinginnya tidak cukup, kemiringan pipa pembuangan tidak benar atau pipa pembuangan yang terlalu panjang dipasang pada tempat sempit.
5. AC Mengeluarkan Bunyi Yang Berisik
  • Ada beberpa kemungkinan, bisa jadi karena Blower dan Koil kotor, atau suara berasal dari getaran papan yang menjadi tumpuanyya, dimana jika Kompressor unit outdoor bekerja suara berisiknya akan masuk kedalam dimana unit indoornya berada.
6. Perawatan AC
  • Jangan halangi saluran udara masuk dan keluar
  • Jangan gunakan peralatan pemanas di dekat AC
  • Apabila tidak terpakai maka matikan saja AC nya
  • Untuk kesehatan, jagan berada dimana angin AC keluar
  • Jangan menarik kabel sembarangan utk mensuplay tegangan ke AC.

Dasrul
Chemical Mechanical Cleaning &
Maintenance AC
Jl.Yos Sudarso No.3 Lima Belas Polos
Metro – Lampung
                          Telp : 0725-49846
                          Hp   : 081387040072
                                   085719048930

Tidak ada komentar:

Posting Komentar